Minggu, 21 Februari 2010

Kamis, 18 Februari 2010

SEJARAH BERDIRINYA MAN SUMENEP

MAN Sumenep merupakan lembaga pendidikan menengah tingkat atas Negeri satu-satunya di Kabupaten Sumenep yang berada dibawah lingkungan Departemen Agama. Lembaga ini merupakan alih fungsi dari PGAN Sumenep.

PGAN Sumenep sebelum dinegerikan awalnya berbentuk PGAP (Pendidikan Guru Agama Partekelir) 4 tahun. Lembaga pendidikan ini didirikan atas prakarsa para tokoh Masyarakat untuk merespon keinginan masyarakat saat itu akan adanya lembaga pendidikan alternatif selain yang sudah ada seperti SMP, TD, STN, SMA, dll.

PGAP ini didirikan pada tahun 1956 yang berafiliasi pada PGA 6 tahun Pamekasan. Dan ternyata lembaga pendidikan ini mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Setelah selama 12 tahun mengembangkan missinya dengan status partekelir/swasta, baru pada tahun 1968 ditingkatkan statusnya menjadi PGA Negeri 6 tahun.

Setelah berstatus negeri pada tingkat pembelajaran 6 tahun, maka berarti alumninya memiliki kwalifikasi layak menjadi Guru Agama SD. Terbukti hampir seluruh Guru Agama SD di Kabupaten Sumenep yang ada saat ini adalah lulusan lembaga pendidikan ini.

Sejalan dengan perkembangan zaman, setelah mengepakkan sayapnya selama 24 tahun, maka pada tanggal 01 Juli 1992 PGAN Sumenep harus beralih fungsi menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumenep.

Pada awal berdirinya MAN Sumenep terasa sulit memperkenalkan eksestensi dirinya, karana saat itu masyarakat masih mengasosiasikan lembaga ini seperti PGAN Sumenep.

Dengan segala kekurangan dan keterbatasannya, MAN Sumenep terus berbenah diri dan melakukan trobosan-trobosan baik yang betsifat Promotif, kerjasama dan lain-lain. Akhirnya sedikit demi sedikit masyarakat mulai mengenal dan menerimanya. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya animo masyarakat dari tahun ke tahun. Lebih-lebih setelah MAN Sumenep bisa membuktikan bahwa dalam banyak hal lembaga ini tak lebih rendah dibandingkan lembaga setingkat lainnya.

Lembaga yang berlokasi di Jl. KH. Agussalim No. 19 ini membawahi 45 MAS se-Kabupaten Sumenep. Sampai saat ini MAN Sumenep telah mengalami tiga periode kepemimpinan, yang dari waktu ke waktu performanc-nya terus ditingkatkan sehingga pada akhirnya akan menjadi lembaga pendidikan yang pantas dibanggakan.

Terimakasih.
Ada kesalahan di dalam gadget ini